Selamat Datang di Portal Budaya Jawa

Basiyo - Menang Lotre

Ini adalah  gambaran masyarakat kelas bawah ketika itu.  Dalam keterbatasan mereka berusaha untuk merubah nasib dengan cara apapun, termasuk membeli nomor lotre.
Pak Harjo baru saja menerima momongan dua orang anak,  laki-laki dan perempuan (dhampit).  Mereka telah mencari pinjaman uang yang akan digunakan untuk menyelenggarakan hajatan (sepasaran).
Karena khawatir uang tersebut hilang, maka ketika akan mencuci pakaian ke sungai Bu Harjo menitipkan uang itu kepada suaminya.
Sepeninggal Bu Harjo datang seorang tamu yang berniat meminjam uanag kepada Pak Harjo.  Karena tidak mempunyai uang Pak Harjo tidak bisa memenuhi harapan sang tamu.  Akan tetapi si tamu mendesak Pak Harjo bahkan berniat menjual kupon lotre yang baru saja dibelinya.
Semula Pak Harjo tidak bersedia membeli, tetapi karena di desak, akhirnya Pak Harjo bersedia membeli kupon lotre tersebut.
Betapa marah Bu Harjo ketika mengetahui bahwa uangnya telah dibelikan lotre oleh suaminya.  Pertengkaran mereka berujung pada pengusiran Pak Harjo dari rumah itu.  Pak Harjo pergi dengan membawa anak perempuannya.  Sedang anak yang seorang lagi (laki-laki) ditinggal untuk diasuh Bu Harjo.
Hebatnya, kupon  lotre tadi ternyata tembus, dan Bu Harjo mendapat hadiah uang yang tak sedikit jumlahnya.  Dia menjadi kaya raya.
Singkat cerita anak lelaki yang diasuh Bu Harjo telah tumbuh menjadi seorang remaja bernama Basiyo.  Dia jatuh cinta dengan seorang gadis, anak tukang cukur bernama Harjo.
Bagaimanakah kelanjutan cerita ini???
Silahkan anda nikmati sembari brnostalgia dengan Keluarga Dagelan Mataram pimpinan Pak Basiyo.

Dikemas dalam limpahan kisah jenaka ala dagelan Basiyo. Monggo segera miliki file MP3 nya lewat tautan berikut ini :

Download Mediafire :

Download Solidfiles : 



(32 mb / 128 bitrate)

Share this post :

Posting Komentar

Statistik Blog

Download Basiyo

    Download Dagelan Matarama MP3 - Basiyo

p4tkmatematika.org

 
di Share Oleh : Bambang Setiawan | Wong Matematika | Asli dari Pacitan
Copyright © 2015. Budaya Jawa - All Rights Reserved
Template by Wong Pacitan Modified by MR-BeBe
Proudly powered by BeBeColection